15 Ranperda Ditetapkan Menjadi Perda Kabupaten Humbang Hasundutan


15 Ranperda Ditetapkan Menjadi Perda Kabupaten Humbang Hasundutan

Sebanyak 15 (lima belas) Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) telah ditetapkan menjadi Perda (Peraturan Daerah) Kabupaten Humbang Hasundutan dalam sidang paripurna DPRD, Kamis (27/7).   Sidang paripurna DPRD dalam pengambilan keputusan atas 15 Ranperda tahun 2017 itu dipimpin Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Marsono Simamora, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi, Pabung 0210/TU Mayor Junaedi Tarigan, Kasat Shabara Polres Humbahas AKP Jamal Sitorus, Josep Christian SH dari Kejari Humbahas, para anggota DPRD Humbahas, pimpinan SKPD dan lainnya.

Ke-15 Perda yang telah disetujui dan ditetapkan DPRD Humbahas yaitu Perda tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa,  Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, Investasi jangka pendek  dan penyertaan modal pada PT Bank Sumut. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 tentang bea perolehan hak atas tanah (BPHTB). Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang retribusi daerah. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan. Administrasi kependudukan. Retribusi perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2011 tentang retribusi pengujian kenderaan bermotor. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan pasar. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang pemakaian kekayaan daerah. Perda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang pajak penerangan jalan. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang pajak daerah. Kemudian Perda hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Sebelum Perda ditetapkan, seluruh fraksi-fraksi DPRD Humbahas menyampaikan pendapat akhir  dan menerima serta menyetujui Ranperda sebanyak 15 untuk ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Humbang Hasundutan.  Pendapat akhir Fraksi Golkar dibacakan Bantu Tambunan, Fraksi Gerindra dibacakan Bukka Lumbantoruan S.S, Fraksi Nasdem Kebangkitan Bangsa dibacakan Mutiha Hasugian, Fraksi Hanura dibacakan Pantas Manullang, Fraksi PDI Perjuangan dibacakan Ramses Lumbangaol SH dan Fraksi Amanat Demokrat disampaikan Bangun Silaban SE. Laporan hasil pembahasan gabungan komisi DPRD bersama Pemkab Humbang Hasundutan tentang 15 Ranperda tahun 2017 itu disampaikan juru bicara gabungan komisi David YD Mahulae SE ME.

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan keputusan DPRD Humbang Hasundutan nomor 14 tahun 2017 dan Bupati Humbang Hasundutan nomor 200  tahun 2017 tentang persetujuan bersama atas 15 Ranperda menjadi Perda Kabupaten Humbang Hasundutan tertanggal 27 Juli 2017 oleh Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam sambutannya mengatakan sebelumnya telah melaksanakan rangkaian kegiatan persidangan mulai dari penyampaian nota penghantar atas 15 (lima belas) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan sampai penandatanganan persetujuan bersama. Tentu dalam melaksanakan tahapan persidangan yang telah dilakukan banyak menyita waktu, perhatian, tenaga dan pikiran khususnya bapak/ibu dewan yang terhormat.

 “Kami sungguh menyadari bahwa saran, pendapat, usul maupun koreksi yang disampaikan oleh Dewan yang terhormat  sebelum dimulainya tahapan sidang paripurna yaitu dalam pembahasan dengan komisi-komisi dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah sampai pada pemandangan umum pembahasan dalam sidang  gabungan komisi dan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan. Begitu dinamis meskipun kadang kala ada perbedaan pendapat semata-mata adalah untuk mencari yang terbaik demi kesempurnaan Rancangan Peraturan Daerah yang telah kita bahas bersama. Kami menyadari bahwa keterbatasan kemampuan eksekutif dalam menyusun Rancangan Peraturan Daerah tersebut, dapat teratasi berkat kontribusi pemikiran dan solusi yang diberikan dewan yang terhormat selama pembahasan, baik melalui pandangan, pendapat maupun saran” kata Bupati.

Dengan ditetapkannya 15 (lima belas) Rancangan Peraturan Daerah ini menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan maka akan menjadi landasan pelaksanaan kewenangan Pemerintah Daerah dalam hal pengisisan jabatan dalam organisasi pemerintah desa. Pelaksanaan investasi daerah dan penyertaan modal. Pemungutan retribusi, pelayanan administrasi kependudukan serta tindaklanjut kebijakan pemerintah melalui perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.  Sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terhadap Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di negeri ini.

Bupati Humbahas atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada dewan yang terhormat sebagai mitra kerja eksekutif. Pemkab Humbahas merasakan bahwa kelemahan dan kesulitan yang dihadapi oleh eksekutif dapat teratasi berkat kerjasama yang baik dari dewan yang terhormat mulai dari pembahasan dengan komisi-komisi DPRD sampai dengan pengambilan keputusan bersama.

“Pada hari Selasa yang lalu dewan yang terhormat telah menyampaikan kepada kami keputusan DPRD tentang rekomendasi atas LKPJ Bupati Humbang Hasundutan akhir tahun anggaran 2016. Untuk itu, sepatutnyalah kami sampaikan juga banyak terimakasih sebesar-besarnya atas perhatian dewan yang terhormat yang telah memberikan rekomendasi berupa catatan strategis berupa saran  masukan dan koreksi untuk perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Kami menyadari masih terdapat kekurangan di berbagai aspek yang masih luput dari perhatian kami, karena keterbatasan dan ketidaksempurnaan kami sebagai manusia biasa. Untuk itu Pemeritah Kabupaten Humbang Hasundutan bersama seluruh jajarannya akan menindaklanjuti rekomendasi dewan yang terhormat dengan segera serta berupaya sedaya mampu kami untuk menigkatkan capaian kinerja pada tahun-tahun yang akan datang” tambah Bupati

                Bupati Humbahas berharap kedepan kemitraan dan kerjasama yang telah berjalan baik ini tetap terpelihara sehingga tantangan yang masih terbentang bisa diatasi secara bertahap demi mewujudkan harapan bersama yaitu “ Humbang Hasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul”.  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD Humbang Hasundutan atas terbentuknya Pokja Perusda Humbang Jaya. (Lamria/KKl/rhs/Diskominfo)