KIM Pollung Dikukuhkan Dukung UU Nomor 14 Tahun 2008


KIM Pollung Dikukuhkan Dukung UU Nomor 14 Tahun 2008

Doloksanggul (….)

Menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan memfasilitasi terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Pollung. KIM diharapkan bisa terbentuk di 10 kecamatan sebagai wujud pelaksanaan keterbukaan informasi.

Hal ini disampaikan Kadis Kominfo, Drs. Hotman Hutasoit dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinas, Jinitua Malau, Spd pada acara pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pollung di Kantor Camat Pollung, (25/10). Kelompok ini dikukuhkan oleh Plt Camat Pollung, Haposan Lumban Gaol, Spd.

Jinitua menambahkan  Di era keterbukaan informasi saat ini keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memegang peran penting dalam menjembatani kebutuhan masyarakat untuk memperoleh informasi publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan, pelayanan maupun masalah pemerintahan sehingga masyarakat dapat mengetahui program serta kegiatan yang ada di lingkungannya.

Bagi pemerintah penyebaran informasi penyebaran informasi yang benar menjadi satu keharusan, untuk memenuhi hak masyarakat (the right to know). Informasi ada dua, yang benar dan karangan, kedua informasi ini bisa membawa dampak yang baik ataupun buruk.

Pembentukan dan pemberdayaan KIM menjadi solusi alternative berbagai tantangan maupun persoalan yang dihadapi masyarakat. Dalam kelompok ini, masyarakat bisa bertukar informasi, membuka peluang kemitraan dengan berbagai pihak dalam mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat di berbagai bidang.

Sementara itu, Kabid Komunikasi, Nurlizah Pasaribu, S.Kom kepada media menjelaskan setelah pengukuhan KIM Pollung ini berarti di sepuluh kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah memiliki kelompok masing-masing. Sampai saat ini jumlah kelompok yang terbentuk menjadi 13 kelompok.

Sebelumnya juga Dinas Kominfo sudah memfasilitasi terbentuknya 2 Kelompok di Kecamatan Paranginan tanggal 28 September 2017, yaitu KIM Pearung dengan KIM AORS dan 1 di Kecamatan Sijamapolang tanggal 13 Oktober 2017 yaitu KIM Pelita Rakyat serta 1 di Kecamatan Onan ganjang tanggal 13 Oktober 2017 yaitu KIM Ogan.

Disetiap pengukuhan, dinas kominfo memberikan penjelasan singkat melalui pemaparan yang disampaikan Kabid Komunikasi, Nurlizah Pasaribu, S.Kom. “pada setiap acara pengukuhan, kita memberikan penjelasan seputar KIM, karena masyarakat secara umum belum mengetahui apa itu KIM.’ Ujar Nurliza.

Salah seorang anggota KIM Pollung, Wilman Lumbangaol menyampaikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah memfasilitasi terbentuknya KIM Pollung.  ‘ Dengan terbentuknya KIM ini pemahaman akan informasi dan terutama menyikapi globalisasi dibidang informasi dan teknologi bisa positif, sehingga generasi muda kita tidak terjerumus kepada hal-hal yang bisa merusak generasi muda.’ Ujar Wilman. (rel/Kominfo)

 Ket.

gbr-1. Kadis Kominfo, Drs. Hotman Hutasoit menyampaikan selamat kepada KIM Pelita Rakyat

gbr-2. Sekcam Sijamapolang, Toga Simamora membacakan Pengukuhan KIM Pelita Rakyat

gbr-3. Salah seorang anggota KIM Pollung memberikan sambutan pada acara pengukuhan KIM Pollung

gbr-4. Sekdis Kominfo, Jinitua Malau menyampaikan buku KIM kepada KIM Pollung.