Lomba Masak Serba Ikan TP PKK Doloksanggul Juara I


Lomba Masak Serba Ikan TP PKK Doloksanggul Juara I

Doloksanggul (Protokol)

Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK menggelar lomba masak serba ikan bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (24/7). Lomba masak itu diikuti 20 kontingen dari seluruh kecamatan dengan perincian 10 kontingen TP PKK dan 10 lagi kontingen masyarakat umum.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dalam acara itu mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan agar terwujud sumberdaya manusia yang bermentalitas unggul melalui pemenuhan sumber pangan hewani. Ikan merupakan sumber protein hewani dan memiliki gizi yang tinggi serta menyehatkan terutama untuk balita dan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Lomba ini merupakan implementasi dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan forum peningkatan konsumsi ikan yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang kuat, sehat, cerdas sekaligus membangun karakter bangsa yaitu mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental. Dengan membangun kesadaran akan kebutuhan gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang dilaksanakan seluruh elemen masyarakat dan bangsa.

Wakil Bupati Humbahas mengharapkan dengan acara lomba ini agar peserta mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan kepada masyarakat di setiap kecamatan masing-masing. Semoga lomba masak serba ikan semakin memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas untuk peningkatan konsumsi ikan. Lomba masak itu dihadiri Sekda Drs Tonny Sihombing, tokoh masyarakat RW Manalu, Ketua/Wakil Ketua TP PKK Humbahas, Ketua DWP Humbahas Ny Marista Tonny Sihombing dan lainnya. Tim juri, Ny Melly Paiman Purba, Ny Marista Tonny Sihombing dan ahli tata boga Ny Risma Tiar Samosir MPd.

Sesuai hasil tim juri, kategori TP PKK Doloksanggul tampil sebagai juara I, Pollung juara II, Lintongnihuta juara III, Sijamapolang harapan I, Onanganjang harapan II dan Baktiraja harapan III. Kategori umum, Baktiraja juara I, Paranginan II, Doloksanggul III, Parlilitan harapan I, Lintongnihuta harapan II dan Sijamapolang harapan III. Kadis Peternakan dan Perikanan Luhut Marbun mengatakan peserta juara I akan tampil untuk tingkat Sumut lomba

masak serba ikan sebagai perwakilan Humbang Hasundutan. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol).

 

2903: Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora menyerahkan piagam dan biaya pembinaan kepada juara I Kecamatan Doloksanggul kategori TP PKK dalam lomba masak serba ikan di Doloksanggul, Selasa (24/7).