Lomba Paduan Suara Guru-Guru Piala Bergilir Dikuasai Lintongnihuta


Lomba Paduan Suara Guru-Guru Piala Bergilir Dikuasai Lintongnihuta

Doloksanggul (Protokol)

Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Pemkab Humbahas melalui Dinas Pendidikan menggelar lomba paduan suara antar guru-guru se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (26/7) bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul. Kontingen hanya diikuti 8 kecamatan minus Parlilitan dan Sijamapolang.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan lomba paduan suara antar guru-guru merupakan rangkaian HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan yang puncak acaranya dilaksanakan di Parlilitan 28 Juli 2018. Kegiatan lomba lagu-lagu nasional daerah antar guru se-Kabupaten Humbahas diikuti para guru yang menjadi utusan dari delapan kecamatan. Panitia telah menetapkan lagu yang dinyanyikan sebagai lagu wajib yaitu “Pancasila Azas Kita”. Kegiatan ini bukan hanya seremonial yang dilaksanakan panitia setiap tahunnya, namun harus menyadari dan memahami makna yang terkandung dalam syair lagu tersebut. Bisa menggugah dan memotivasi jiwa dan raga segenap elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi dan menjungjung tinggi nilai persaudaraan dan persatuan sesuai dengan azas Pancasila dan UUD 1945.

Melalui acara ini juga dapat menjalin komunikasi antar guru-guru se-Kabupaten Humbahas untuk menyatukan persepsi dan derap langkah dalam memajukan pendidikan yang bermutu dan berkarakter. Guru merupakan pelopor pendidikan terdepan yang diharapkan memiliki sikap displin yang tinggi. Displin harus diterapkan mulai dari pelaksanaan latihan hingga tampil pada lomba, karena dengan displin akan terbentuk tim paduan suara yang kompak dan solid. Disamping paduan suara harus dapat bekerjasama dan toleran baik antar individu maupun antar langgam. Maka kelompok paduan suara dapat menampilkan dan mempersembahkan lagu yang harmonis dan berkualitas. Kemenangan pada setiap perlombaan sangat-sangat diharapkan namun yang paling utama terjalin rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, sehingga tercipta keharmonisan antar kontingen.

Kadis Pendidikan Drs Jamilin Purba melaporkan para juara I-III termasuk harapan I-III menerima piala dan seluruh kontingen menerima medali, sertifikat dan uang pembinaan termasuk dirigen terbaik. Lomba paduan suara ini digelar sebagai ungkapan syukur bahwa Kabupaten Humbahas sudah berusia 15 tahun. Menjalin rasa persaudaraan sesama peserta lomba termasuk memasyarakatkan lagu-lagu nasional daerah di kalangan sekolah maupun masyarakat.  Panitia mendatangkan tim juri yang sudah berpengalaman di bidang seni yaitu Eben Halzarni Telaumbanua MPd, Drs Roviol Panjaitan dan Pdt Boho P Pardede M.Div. Seluruh kontingen akan tampil di acara syukuran HUT ke Parlilitan.

Hadir dalam acara lomba itu, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Sekda Drs Tonny Sihombing, Pabung 0210/TU Mayor Holden Gultom, Kasat Binmas Polres Humbahas AKP J Sinaga, Kasi Datun Kejari Humbahas Ardi SH, Ketua/Wakil Ketua TP PKK Humbahas, Ketua DWP Humbahas, tokoh masyarakat St Mula Sihombing dan lainnya.

Dalam lomba paduan suara, piala bergilir yang sebelumnya dimenangkan Kecamatan Pakkat pada lomba paduan suara tahun 2017, namun dalam HUT ke-15 ini piala bergilir itu dikuasai Kecamatan Lintongnihuta. Sesuai hasil tim juri, juara I Lintongnihuta, juara II Pakkat, juara III Onanganjang, harapan I Doloksanggul, harapan II Tarabintang dan harapan III Paranginan. Sedangkan dirigen terbaik Kecamatan Pakkat. (REL/Rukmunal H Siregar SH/Protokol)