Pemkab Humbahas Tingkatkan Mental dan Spritual melalui Jambore


Pemkab Humbahas Tingkatkan Mental dan Spritual melalui Jambore

Doloksanggul (….)

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan Jambore bagi remaja dan pemuda tanggal 19 s/d 20 Oktober 2017 untuk meningkatkan mental dan spritual remaja dan pemuda (19/10) di Kompleks Tanah Lapang Simangarosang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili Asisten Administrasi dan Kesra, Drs. AP Marbun.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang dibacakan Asisten Administrasi dan Kesra, Drs. AP Marbun menyampaikan  bahwa generasi muda merupakan kekuatan bangsa, sejarah mengungkapkan bahwa perubahan yang terjadi pada bangsa Indonesia sebagian besar dipelopori oleh kaum muda, salah satunya adalah tercetusnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan Reformasi tahun 1998.

Generasi muda adalah aset bangsa yang sangat berharga, ditahun 2020 saya perkirakan umur anak-anak pelajar SMP dan SMA yang hadir pada jambore akan ada pada usia 18-23 tahun dan pada tahun 2030 sudah berumur lebih kurang 33 tahun. Pada usia tersebut anak-anak kami sudah masuk usia angkatan kerja.

Bonus dan peluang ini harus kita gunakan sebaik mungkin untuk menghadapi perubahan dan perkembangan dunia yang begitu cepat. Untuk itu persiapkan dirimu, bekali dirimu dengan ilmu dan berbagai keterampilan dan yang terpenting latih mental sehingga tidak mudah tergoda dengan hal-hal negatif.

Ditambahkannya, era digital dan media sosial dan penggunaan teknologi elektronik bukan hal yang harus ditakuti dan dihindari, tetapi menjadi peluang jika bisa memanfaatkannya dengan bijak. Semisal facebook, twitter, instagram, youtube dan berbagai media sosial lainnya yang sanggup mengubah dunia hanya dalam satu klik.

Bupati Humbang Hasundutan mengharapkan Jambore ini dapat menjadi salah satu instrument yang efektif dalam meningkatkan mental dan spritual generasi muda. ‘oleh karena itu kepada anak-anak kami peserta agar menggunakan semaksimal mungkin kegiatan pada jambore ini untuk mendapatkan manfaat melalui bertanya, berbagi pengalaman sesama remaja dan pelajar sehingga meningkatkan kapasitas pengetahuanmu yang kelak sebagai bekalmu dalam meraih cita-citamu.’ Ujar AP Marbun.

Dalam pelaksanaan jamboree ini juga Dosmar Banjarnahor, SE berpesan untuk meningkatkan keimanan, banyak melakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan mengasah kreatifitas remaja dan pemuda, selektif terhadap lingkungan pergaulan, memiliki karakter yang baik dan kuat serta memiliki cita-cita dan impian demi masa depan yang lebih baik. ‘jadilah pemuda yang bermentalitas unggul.’ Pesan Dosmar.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Sosial, dr. Sugito Panjaitan melaporkan bahwa kegiatan jambore ini dilaksanakan 2 (dua) hari tanggal 19s/d 20 Oktober 2017 bertempat di lingkungan tanah lapang Simangarosang, Kecamatan Doloksanggul. Maksud dan tujuannya meningkatkan nilai kehidupan keagamaan/ keimanan, meningkatkan mental, meningkatkan kondisi psikis dan fisik serta meningkatkan peran remaja dan pelajar di keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ini diikuti 300 peserta dari 10 kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan dari pelajar SLTP dan SLTA. Kegiatan dalam dua hari akan diisi dengan perkemahan, ceramah, diskusi dan Tanya jawab. Narasumber didatangkan sebanyak 6 orang dari rohaniawan, ketua TP. PKK, Kepala Dinas P2KB, Kasat Binmas Polres Humbang Hasundutan dan Kawarcab Pramuka Kab. Humbang Hasundutan.

Turut hadir pada pembukaan jamboree ini, Kadis Kominfo, Drs. Hotman Hutasoit, Kadis P2KB, Drs. Elson Sihotang, Kasatpol PP, Mangupar Manullang, SH, Plt. Kadis Tenaga Kerja, Domu Lubangaol, Camat Doloksanggul, Drs. Ricky Hilman Sihite, Kabag Protoko, Drs. Jonny Gultom, dan sejumlah TP. PKK serta rohaniawan. (ST/Rel/Kominfo)