Pengurus Kwarcab Pramuka Humbahas 2017-2022 Dikukuhkan


Pengurus Kwarcab Pramuka Humbahas 2017-2022 Dikukuhkan

Ketua Eben Vandeik Simanungkalit MM

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor SE selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Humbahas secara resmi mengukuhkan dan melantik Pengurus Majelis Cabang dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Humbahas Periode 2017-2022, pada peringatan Hari Pramuka ke-56 tahun, di Stadion Simangaronsang, Kecamatan Doloksanggul, Senin (23/10).

Dalam sambutannya, Bupati Dosmar menyampaikan, Peringatan Hari Pramuka yang dirangkaikan dengan pengukuhan/pelantikan majelis Cabang dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Humbahas itu hendaknya tidak merupakan seremonial belaka, tetapi lebih jauh dapat memberikan hasil dan manfaat bagi eksistensi serta pengembangan organisasi Gerakan Pramuka Humbahas ke depan.

Dijelaskan, sebagai anggota gerakan pramuka harus dapat menjungjung tinggi serta memegang teguh janji pramuka, yaitu Satya Pramuka dan ketentuan moral yakni Darma Pramuka serta turut ambil bagian dalam melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan program pemerintah, seperti penanaman pohon, gerakan cinta linkungan, gerakan tangkal Napza, gerakan pramuka peduli, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, dalam rangka mewujudkan program kerja gerakan kepanduan melalui sentuhan kreativitas akan sangat bermanfaat bagi kawula muda guna membentuk kepribadiannya. Untuk itu kata dia, kelak diprogramkan dalam agenda tahunan Kwarcab Humbang Hasundutan dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang diharapkan akan meningkatkan kecintaan serta motivasi diri sebagai anggota pramuka yakni perkemahan peringatan Hari Pramuka ke 56 Tahun.

“Perkemahan yang kita laksanakan ini adalah kegiatan yang bermakna selain untuk memupuk kebersamaan dan persaudaraan, juga bernuansa seni dan budaya dalam rangka mengembangakan wawasan, serta harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, guna mewujudkan hasil yang maksimal, sehinggga dengan demikian perkemahan pramuka kali ini diharapkan akan membuahkan dampak positif yang dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Bupati juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk merapatkan barisan untuk membina generasi muda guna memiliki kecakapan hidup, kecakapan sosial, kecakapn intelektual dan vokasional untuk bekerja serta mewujudkan kemandirian.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Humbahas Eben Vandeik Simanungkalit didampingi Sekretarisnya, Parlindungan Simamaora kepada media menyatakan siap menyolidkan kepengurusan Kwarcab Pramuka Kabupaten Humbahas periode 2017-2022, serta mewujudkan Humbahas sebagai Kabupaten Pramuka yang kreatif dan produktif.

“Kami bertekad menjadikan gerakan pramuka sebagai wadah kreatif dan menciptakan generasi yang maju dan mandiri, serta berkepribadian. Selain itu, kami siap melahirkan kader-kader produktif dan professional dalam menjawab tantangan global saat ini,” ujar Vandeik.

Pihaknya juga berharap seluruh jajaran pengurus Kwarcab Paramuka yang baru mampu menjaga kekompakan dan berharap gerakan pramuka tetap menjadi garda terdepan dalam pengabdian kepada masyarakat. “Pramuka selalu berinovasi dan menjawab tantangan di masyarakat sekaligus menjadi motivator dalam mengawal pembangunan,” katanya.

Menurutnya amanah yang diberikan akan mereka jalankan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu di dalam kepemimpinannya nanti, ia meminta dukungan para pengurus Kwarcab. Selain itu, ia juga meminta kepada anggota Pramuka untuk selalu ikhlas berjuang dalam gerakan Pramuka. Dengan keikhlasan yang diberikan, ia yakin gerakan Pramuka mampu mencetak generasi yang handal dimasa mendatang.  “Saya siap untuk mengantarkan Pramuka ke depan dengan syarat yang senior-senior ini akan mendampingi saya,” ucapnya