Perayaan HUT Ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan


Perayaan HUT Ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan

Doloksanggul (Protokol)

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) berlangsung sukses dan meriah. Puncak perayaan itu, dilaksanakan di Tanah Lapang Markas Besar Raja Sisingamangaraja XII, Dusun Pearaja, Desa Sion Sibulbulon, Kecamatan Parlilintan, Sabtu (28/7). Sebelum acara puncak dilaksanakan, lebih dulu digelar rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Humbahas, Komplek Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul.

Perayaan HUT kabupaten yang dipimpin Bupati Dosmar Banjarnahor SE dan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora itu bertema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Kita Wujudkan Pembangunan Pertanian yang Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Sebelum acara puncak peringatan digelar, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora menyempatkan diri ziarah ke Markas Raja Sisingamangaraja XII, yang juga diikuti para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Humbahas yakni Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Kapolres AKBP R Dayan, Kajari Humbahas Zaedar Rasepta, Dandim 0210/TU Letkol (Inf) Rico Julyanto Siagian, Ketua PN Tarutung Hendra Utama Sotardodo termasuk Sekdakab Tonny Sihombing serta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK. 

Unsur undangan Pj Gubsu Eko Subowo diwakili staf ahli Gubsu Elisa Marbun, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Siraja Oloan (SRO) se-Indonesia Brigjen TNI Purn Tarida Sinambela, Ketua SRO Sumatera Utara Sanggam SH Bakara, keturunan Raja Sisingamangaraja, dan undangan lainnya. Dalam ziarah singkat itu, bupati dan rombongan melakukan doa bersama dan meletakkan krans bunga pada tempat sakral markas besar Raja Batak tersebut. Setelah itu, bupati dan rombongan menuju lokasi puncak acara.

Elisa Marbun mewakili Gubsu menyampaikan bahwa perayaan hari jadi Kabupaten Humbahas yang ke-15 tahun 2018 di Markas Raja Sisingamangaraja XII, di Dusun Pearaja, Desa Sion Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan, yang dilakukan Pemkab Humbahas sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII. Sekaligus mempromosikan keberadaan Markas Raja Sisingamangaraja XII di daerah itu, sebagai salah satu situs sejarah dan warisan budaya di Kabupaten Humbahas, yang nantinya diharapkan dapat dijadikan objek wisata sejarah ke depannya. Dikatakan lagi, yang paling penting dari moment itu adalah semangat juang Raja Sisingamangaraja XII tetap terpatri di hati sanubari seluruh elemen di Kabupaten Humbahas guna mendukung pembangunan daerah itu.

Pj Gubsu juga mengaku bahwa di usianya ke-15, Kabupaten Humbahas dapat mencapai keberhasilan pembangunan di berbagai bidang. Keberhasil yang didapat tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan kerja sama yang baik seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah, masyarakat dan stakeholder yang mendukung pembangunan di daerah itu. Tak lupa juga para pejuang pelaku sejarah pemrakarsa pemekaran daerah itu. Karena tanpa upaya dan kerja keras mereka, masyarakat Humbahas tidak akan memperingati hari jadi tersebut.

Pj Gubsu menambahkan, pembangunan di Kabupaten HUmbahas dipengaruhi oleh faktor SDA maupun SDM. Kedua hal itu menurut dia sangat menentukan keberhasilan dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

“Kita patut bersyukur, Tuhan telah menganugerahi Kabupaten Humbang Hasundutan potensi sumber daya alam yang cukup berlimpah dan beraneka ragam baik itu sektor pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata, energi dan pertambangan. Oleh karena itu dibutuhkan sumberdaya manusia berkualitas yang mampu mengelola potensi serta sumber daya alam yang ada, sehingga hasilnya akan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia tersebut, pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan berhasil tidaknya pembangunan. Oleh karena itu, pendidikan harus menjadi perhatian yang serius bagi kita semua,” tandasnya.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para tim pemrakarsa dan panitia pembentukan Kabupaten Humbahas. Juga para pejabat bupati, mantan bupati dan wakil bupati sebelumnya yaitu, Drs Maddin Sihombing dan Drs. Marganti Manullang yang telah membangun pondasi pemerintahan Humbahas kuat dan kokoh. Sehingga pembangunan daerah itu jauh lebih baik dan cepat hingga saat ini.  Begitu juga buat pemerintah provinsi dan pusat serta anggota DPR, DPRD Provinsi dan seluruh pihak yang ikut berkontribusi untuk pembangunan dan kemajuan Humbahas.

Dosmar juga mengakui, di bawah kepemimpinannya masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus dibenahi. Hal itu dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia, waktu dan dana. Untuk itu, dia mengharapkan dukungan seluruh pihak untuk bersama-sama memajukan Humbahas dalam segala sektor, khususnya dalam sektor pembangunan pertanian yang menjadi perioritas dalam program kerjanya, tanpa mengesampingkan sektor lainnya.

Pada kesempatan itu, di hadapan seluruh undangan yang hadir bupati menjelaskan beberapa alasan dipilihnya Kecamatan Parlilitan menjadi lokasi syukuran perayaan HUT ke-15 Humbahas. Yaitu, untuk mengenang sejarah perjuangan Raja Sisingamangaraja XII dan prajuritnya yang berjuang dan mengorbankan nyawanya demi merebut kemerdekaan. Alasan lainnya, daerah PAPATAR (Pakkat, Parlilitan dan Tarabintang), memiliki tanah yang sangat subur dan luas. Sehingga ke depan, pihaknya akan lebih memfokuskan untuk membangun dan memajukan daerah itu agar masyarakat lebih sejahtera lagi.

“Fokus kita saat ini adalah program pertaian. Bagaimana agar masyarakat petani itu bisa lebih sejahtera lagi. Selama ini kita melihat, semangat bertani masyarakat Humbahas sangat luar biasa. Meski sering merugi, tetapi tetap semangat bertani. Kita ingin merobah hal ini. Untuk itu mari kita bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja serius demi kesejahteraan rakya,” tandasnya.

Ditambahkan, selama kepemimpinan mereka, sudah banyak gebrakan positif yang mereka buat khususnya untuk bidang pertanian, seperti mendatangkan bantuan sejumlah alat-alat mesin pertanian, pupuk dan bibit jagung dari pemerintah pusat untuk mendukung program pertanaman jagung di daerah itu. Langkah itu sangat didukung oleh masyarakat dan sudah banyak yang mendapatkan menikmati mamfaat dari bantuan tersebut.

“Mari bekerjasama. Nasib kita tidak boleh terpuruk tapi harus lebih maju lagi. Alam kita sangat mendukung untuk bertani. Kita juga memiliki lahan yang cukup luas. Mari kita gelorakan lagi program pertanian ini untuk memajukan perekonomian kita,” pungkasnya.

Sementara Sanggam SH Bakara dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Humbahas atas ditetapkannya Kecamatan Parlilitan yagn merupakan lokasi markas Raja Sisingamangaraja XII menjadi lokasi syukuran perayaan HUT ke-15 Humbahas. Pada kesempatan itu juga dia mengusulan agar nama ikon Kabupaten Humbahas disebut sebagai Kabupaten Pahlawan Nasional, karena di Kabupaten Humbahas terdapat sejumlah situs peninggalan perjuangan pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja.

Di lain hal, Sanggam menyampaikan pujian dan kebanggannya atas kerja keras dan kegigihan Bupati Dosmar Banjarnahor memajukan daerah itu khususnya dalam melobby sejumlah anggaran maupun bantuan Alsintan ke daerah itu. “Mudah-mudahan Humbahas semakin jaya, dan hebat di kemudian hari,” pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Siraja Oloan se-Indonesia Brigjen TNI Purn Tarida Sinambela, dia juga memuji kemajuan pembangunan Humbahas yang begitu pesat dibanding 15 tahun lalu. “Tantangan bupati sangat besar. Tapi kami yakin bapak akan dapat membangun daerah ini lebih maju lagi,”katanya. Mewakili Pengurus Siraja Oloan dan keturunan Raja Sisingamangaraja XII dan keluarga prajuritnya mengajukan sejumlah rekomendasi kepada Pemkab dan legislatif Humbahas di antaranya, merenovasi Markas Raja Sisingamangaraja, meletakkan patung Raja Sisingamangaraja pada posisi sepatutnya, merawat dengan bagus seluruh situs sejarah Raja Sisingamangaraja di Humbahas, dan menabalkan nama Stadion Simangaronsang Doloksanggul menjadi Stadion Raja Sisingamangaraja XII.

            Sementara itu, mantan Bupati Humbahas Maddin Sihombing didampingi mantan Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan salam hormat karena berkenan diundang dalam acara HUT itu. “Mudah-mudahan kehadiran kami akan mempererat silahturahmi dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Humbahas. Pesan kami, melayanilah dengan hati tanpa pamrih. Agar daerah ini lebih maju dan lebih bagus dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” kata Maddin.

            Turut memberikan sambutan, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, anggota DPD RI Parlindungan Purba. Hadir juga dalam acara itu para anggota DPRD Humbahas, pengurus Siraja Oloan se-Indonesia dan se-Sumut, di antaranya, Tommy Sihotang, Salmon Sihite, Lintong Bakkara, Nikolas Naibaho, Nikson Sinambela, dan Josmar Naibaho.

Berikutnya, anggota DPRD Medan Drs Proklamasi Naibaho, anggota DPRDSU Jubel Tambunan, mewakili bupati dan ketua DPRD kabupaten tetangga, anak rantau Pantur Banjarnahor, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan ribuan masyarakat Humbahas yang datang dari berbagai daerah.

Perayaan HUT Ke-15 Kabupaten Humbahas tersebut dirangkai dengan pemberian cinderamata dari masyarakat Kecamatan Parlilitan kepada Bupati dan Wakil Bupati Humbahas, dan penyerahan cinderamata kepada para undangan, penampilan koor Lansia se-Kabupaten Humbahas, Deville Kecamatan, penyerahan piala dan tropy kepada desa dan camat terbaik, lomba karya tulis insan pers, penampilan artis ibukota dan artis lokal lainnya.  

Dalam rapat istimewa DPRD, hadir Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Ketua DPRD Tobasa Boyke Pasaribu, Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata termasuk para pemrakarsa pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan. Dalam rapat itu, Sekwan Drs Parlindungan Simamora membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Humbahas. Besoknya, sebagai rangkaian HUT juga digelar hiburan rakyat bertempat di tanah lapang Merdeka Doloksanggul. (BR8/SIB/Rukmunal Siregar/Protokol)

Serba-serbi Dokumentasi HUT Ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????