Tupoksi SKPD


  • Dinas Kopedagin merupakan unsur pelaksana Urusan Pemerintahan bidang koperasi, perdagangan dan perindustrian.
  • Dinas Kopedagin dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  • Dinas Kopedagin sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administratif serta koordinasi pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Kopedagin.
  • Dinas Kopedagin dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menyelenggarakan fungsi:
  1. penyusunan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin;
  2. pelaksanaan DPA Dinas Kopedagin;
  3. perumusan kebijakan pembinaan, pengembangan dan perlindungan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  4. pelaksanaan kebijakan di bidang Koperasi pembinaan, pengembangan dan perlindungan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  5. penerbitan izin usaha simpan pinjam;
  6. pembinaan, pengembangan dan perlindungan Koperasi;
  7. pembinaan, pengembangan dan perlindungan usaha mikro;
  8. pembinaan, pengembangan dan perlindungan usaha kecil;
  9. pembinaan, pengembangan dan perlindungan Usaha Menengah;
  10. pembinaan dan pengembangan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD, Instansi dan pihak ketiga terkait dalam rangka pembinaan, pengembangan dan perlindungan koperasi, usaha mikro, usaha kecil dan menengah;
  11. penilaian kesehatan KSP/USP Koperasi;
  12. pendidikan dan pelatihan perkoperasian;
  13. pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah;
  14. perumusan kebijakan pembinaan, pengawasan, pengembangan dan evaluasi di bidang industri;
  15. pelaksanaan kebijakan pembinaan, pengawasan, pengembangan dan evaluasi di bidang industri;
  16. perencanaan pembangunan industri;
  17. pelayanan rekomendasi perijinan perindustrian;
  18. pengelolaan sistem informasi industri nasional;
  19. pembinaan dan pengembangan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD, Instansi dan pihak ketiga terkait dalam rangka pembinaan, pengembangan dan perlindungan industri;
  20. perumusan kebijakan pembinaan, pengawasan, pengembangan dan evaluasi di bidang perdagangan;
  21. pelaksanaan kebijakan pembinaan, pengawasan, pengembangan dan evaluasi di bidang perdagangan;
  22. pembangunan, pengelolaan dan pembinaan sarana distribusi perdagangan;
  23. pembinaan dan pengembangan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD, Instansi dan pihak ketiga terkait dalam rangka pembinaan, pengembangan dan perlindungan perdagangan;
  24. stabilisasi harga barang kebutuhan pokok dan barang penting;
  25. pengembangan ekspor;
  26. pelayanan rekomendasi perijinan dan pendaftaran perusahaan;
  27. pembinaan dan penataan pasar;
  28. perencanaan, penyediaan, pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana Pasar;
  29. pelayanan penerimaan daerah dari retribusi pasar;
  30. standarisasi dan perlindungan konsumen;
  31. pengembangan tenaga penera di bidang perdagangan;
  32. pengelolaan data dan informasi di bidang koperasi dan UMKM, perdagangan dan perindustrian;
  33. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang koperasi dan UMKM, perdagangan dan perindustrian;
  34. penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang koperasi dan UMKM, perdagangan dan perindustrian;
  35. pengelolaan prasarana dan sarana di bidang koperasi dan UMKM, perdagangan dan perindustrian;
  36. pelaksanaan pembinaan dan evaluasi kinerja dan pelayanan UPT;
  37. pengelolaan kepegawaian Dinas Kopedagin;
  38. pengelolaan keuangan Dinas Kopedagin;
  39. pengelolaan ketatausahaan Dinas Kopedagin;
  40. pengelolaan perlengkapan dan kerumahtanggaan Dinas Kopedagin;
  41. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya; dan
  42. pelaporan dan pertanggungjawaban tugas dan fungsi Dinas Kopedagin.

Kepala Dinas Kopedagin mempunyai tugas :

  1. memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kopedagin;
  2. mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat, Bidang dan UPT Dinas Kopedagin serta kelompok jabatan fungsional;
  3. mengembangkan dan melaksanakan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD/UKPD, instansi pemerintah, swasta dan/atau pihak ketiga lainnya dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kopedagin;
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati; dan
  5. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kopedagin.

Sekretariat Kopedagin mempunyai tugas :

  • Sekretariat merupakan unit kerja Kopedagin sebagai unsur staf dalam pelaksanaan administrasi dinas yang dipimpin oleh Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  • Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi serta koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Kopedagin.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretariat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
  1. penyusunan bahan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin sesuai lingkup tugasnya;
  2. pelaksanaan DPA Dinas Kopedagin;
  3. pengoordinasian penyusunan bahan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin;
  4. pengoordinasian penyusunan kebijakan, rencana strategis, program, kegiatan, dan anggaran Dinas Kopedagin;
  5. pengoordinasian penyusunan dan penyampaian laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Dinas Kopedagin;
  6. pengelolaan kepegawaian Dinas Kopedagin;
  7. pengelolaan keuangan Dinas Kopedagin;
  8. pengelolaan ketatausahaan Dinas Kopedagin;
  9. pengelolaan kerumahtanggaan Dinas Kopedagin;
  10. pengelolaan perlengkapan Dinas Kopedagin;
  11. pengelolaan dokumentasi dan arsip Dinas Kopedagin;
  12. mengoordinasikan pelaksanaan tindak lanjut atas laporan hasil pemeriksaan.
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian merupakan satuan pelaksana sekretariat dalam pelaksanaan pengelolaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan dan kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan dan kepegawaian Dinas Kopedagin.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
    1. menyusun bahan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin sesuai lingkup tugasnya;
    2. melaksanakan DPA Dinas Kopedagin sesuai lingkup tugasnya;
    3. melaksanakan penerimaan, pencatatan, pembukuan, pendistribusian, pengendalian dan pengarsipan surat masuk Dinas Kopedagin;
    4. melaksanakan penerimaan, taklik, proses penandatanganan, penomoran, pencatatan, pembukuan, distribusi, pengiriman dan pengarsipan surat keluar Dinas Kopedagin;
    5. melaksanakan pemeliharaan keindahan, kebersihan, ketertiban, keteraturan, keamanan dan kenyamanan Dinas Kopedagin;
    6. melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan Dinas Kopedagin;
    7. menghimpun bahan, menyusun dan mengajukan kebutuhan perlengkapan dan peralatan kantor/kerja Dinas Kopedagin;
    8. memproses penyediaan perlengkapan dan peralatan kantor/kerja Dinas Kopedagin;
    9. melaksanakan penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan, pembukuan dan pelaporan perlengkapan dan peralatan kantor/kerja Dinas Kopedagin;
    10. memproses penghapusan perlengkapan dan peralatan kantor/kerja Dinas Kopedagin;
    11. menghimpun bahan, menyusun dan mengajukan kebutuhan ASN Kopedagin;
    12. melaksanakan pengelolaan dokumen ASN baru Dinas Kopedagin;
    13. melaksanakan orientasi ASN baru Dinas Kopedagin;
    14. memproses pendayagunaan ASN Dinas Kopedagin;
    15. mengurus pengembangan karir ASN Dinas Kopedagin;
    16. mengurus kesejahteraan ASN Dinas Kopedagin;
    17. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dann fungsinya; dan
    18. pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Subbagian Umum dan Kepegawaian.
  • Subbagian Perencanaan dan Keuangan merupakan satuan pelaksana sekretariat dalam pelaksanaan penyusunan perencanaan dan pelaporan serta pengolahan keuangan, dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  • Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan perencanaan dan pelaporan serta pengolahan keuangan Dinas Kopedagin.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun bahan penyusunan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas Kopedagin sesuai lingkup tugasnya;
  3. menghimpun bahan dan menyusun renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin;
  4. mengoordinasikan penyusunan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas Kopedagin;
  5. melaksanakan kegiatan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan DPA, tugas dan fungsi Kopedagin;
  6. menghimpun bahan dan menyusun LAKIP, LPPD, IPPD dan bahan LKPJ Dinas Kopedagin;
  7. menyusun anggaran kas Kopedagin;
  8. memproses pengajuan SPD dan SPM Dinas Kopedagin;
  9. mempersiapkan pengajuan surat permohonan membayar, surat permohonan penyediaan dana, dan surat pencairan dana Dinas Kopedagin;
  10. mengoordinasikan pelaksanaan tugas bendahara Dinas Kopedagin;
  11. menghimpun bahan penyusunan laporan keuangan Dinas Kopedagin;
  12. memproses penerbitan SKRD dan STRD dari sektor Dinas Kopedagin;
  13. melaksanakan pencatatan, pembukuan dan pelaporan PAD dari sektor Dinas Kopedagin;
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugasnya; dan
  15. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Subbagian Perencanaan dan Keuangan.

Bidang Pembinaan Koperasi dan UMKM

Bidang Perdagangan

Bidang Perindustrian